Semangat Baru di Bulan Nopember


Bonjour mes amis(halo kawan-kawanku), ça va?(Apa Kabar?) . Sudah lebih dari 1 bulan ini saya vakum dari blog, beberapa alasan saya vakum dari blog adalah bulan lalu saya sibuk belajar untuk menghadapi mid semester, itu alasan kecilnya, tetapi alasan yang sebenarnya adalah saya sendiri malas menulis di blog, kenapa? Ya, saya berpikir siapa juga yang akan membaca blog ini, blog baru dengan konten yang isinya tentang Perancis, blog baru yang tampilannya biasa-biasa saja, tanpa follower,tanpa penataan yang rapi. Sampai saat ini saya belum tahu bagaimana caranya agar follower blog bisa bertambah, agar ada yang mau baca blog saya, jujur saja saya belum tahu banyak tentang blog, wong buat blog saja belum genap 3 bulan. Dalam keadaan ini saya sempat ngedown dan akhirnya ya vakum selama beberapa bulan.

            Akan tetapi tiba-tiba ada semangat baru yang muncul setelah saya membaca sebuah artikel tentang Charles Baudelaire, seorang penyair sekaligus penulis dari Perancis, Charles Baudelaire pernah berkata Nothing can be done except little by little” , dari situ akhirnya saya berpikir, tak masalah jika saat ini belum ada yang peduli dengan apa yang saya tuliskan, tapi suatu saat saya yakin, dengan semangat dan kemauan, apa yang saya tuliskan disini akan menjadi sesuatu yang begitu bermanfaat bagi banyak orang.

            Pernah muncul keraguan di benak saya, kenapa saya menuliskan hal tentang Perancis, siapa yang peduli dengan apa yang saya tulis, artikel-artikel tentang negara Mode ini, siapa yang akan melirik? Lalu pengalaman yang begitu berkesan saya alami di week-end terakhir di bulan November 2012. Pada hari itu saya mengikuti sekolah media tentang jurnalistik, yang sebenarnya hanya untuk iseng-iseng daripada week-end itu nganggur. Dalam sekolah media yang hanya diikuti 11 mahasiswa dari berbagai jurusan itu, saya bertemu Bapak Yusuf Maulana, beliau adalah pengisi materi dalam acara yang diadakan oleh LEM FIB UGM divisi media tesebut. Disana, saya menuliskan sebuah ide tentang pembuatan album berbahasa asing bertemakan nasionalisme, yang bertujuan untuk mempromosikan karya-karya musisi-musisi indie hingga ke luar negeri. Tulisan saya mendapat beberapa kritik dan saran dari Pak Yusuf, dalam tulisan itu saya masih banyak mengulang-ulang sebuah kata, masih banyak pula kata-kata yang terkesan menggurui, namun Pak Yusuf Maulana juga memberi pujian bahwa tulisan saya sebenarnya punya nilai lebih dengan gaya tulisan yang penuh keyakinan seolah saya tahu banyak hal,tentunya dengan terus berlatih saya akan bisa menjadi penulis yang baik.

 Ibarat ada pintu air yang lama tertutup lalu dibuka dengan proses yang baik, Semangat baru seketika meluap dalam diri saya untuk kembali berkarya dalam blog, untuk terus menulis, saya begitu termotivasi setelah acara ini. Ada beberapa kalimat dari Pak Yusuf Maulana yang begitu terngiang sampai sekarang yaitu “Menulislah demi berbagi kepada sesama, bukan agar mengesankan” , luar biasa, dari kata-kata ini saya berpikir kembali, tujuan kita menulis di blog memang untuk berbagi hal yang kita ketahui kepada orang yang membutuhkan, bukan untuk pamer layout yang keren, pamer blognya banyak yang mengunjungi, atau supaya di profil facebook kita ada tulisan nama blog kita, tambah keren.  Kawan-kawan, beritahukan pada siapa saja kawanmu, di facebook, twitter, atau blogmu, bahwa sekali lagi saya tuliskan “Menulislah demi berbagi kepada sesama, bukan agar mengesankan” , semangatlah hey para blogger, bon courage(Semangat) !

Share:

0 komentar