TENTANG PRANCIS 5(FILM PERANCIS)



            Semenjak menjadi mahasiswa di Sastra Perancis UGM, saya menjadi lebih tertarik dengan segala sesuatu yang menambah wawasan tentang Perancis. Negara yang dikenal dengan modenya dan memilki bahasa yang katanya romantis ini, memiliki peradaban dan kebudayaan yang luar biasa, bisa dikatakan bahwa negara ini selalu berani untuk out of box, atau berani melakukan sesuatu yang tidak umum seperti negara-negara lain. Salah satu hal yang sangat menarik dibahas adalah mengenai sinema Perancis.
            Memang baru beberapa film Perancis yang pernah saya tonton, tetapi dari film-film itu saja, bisa disimpulkan beberapa ciri-ciri tentang film Perancis. Beberapa ciri-ciri itu antara lain :


1.      Tidak banyak efek animasi yang dipakai.
2.      Sebagian film memerlukan logika yang agak rumit sehingga kita harus benar-benar mengikuti film dari awal sampai akhir.
3.      Banyak konflik batin yang di bangun, tetapi dalam beberapa film seperti Taxi atau Yamakashi, konflik fisik juga ditonjolkan.
4.      Banyak pengambilan gambar yang unik, sulit dijelaskan. Tetapi hal ini sangat jarang kita jumpai di film holywood, apalagi Indonesia. Seperti contohnya menceritakan seorang tokoh, lalu diceritakan hobinya yang aneh seperti suka melempar batu ke kolam, melihat tangan yang dimasukkan ke air, atau hobi membersihkan dompet. Adegan-adegan ini memang tidak penting dalam alur cerita, tetapi justru adegan kecil ini yang membuat film Perancis menjadi unik.
5.      Kadang banyak adegan yang kalau ditayangkan di Indonesia pasti di sensor. Maklum coy, Perancis katanya negara romantis. Jadi banyak adegan kaya ciuman, pelukan, dan sebagainya lah.
6.      Sering sekali film Perancis berakhir dengan ending yang menggantung.
7.      Banyak yang bilang film Perancis mengundang ngantuk, mungkin benar juga. Akan tetapi jika kita mau menonton sambil berpikir dan menikmati keunikannya, justru kita akan melihat sisi yang begitu menarik dari film-film Perancis.

Itu sedikit pendapat saya kawan, mungkin kalau ingin membuktikan kalian bisa tonton sendiri film-filmnya. Bagaimana pendapat kalian? Setuju tidak setuju, yang penting tonton dulu film-filmnya coy. Oke, tunggu ya, InsyaAllah saya akan membahas beberapa film Perancis di post yang selanjutnya. J , Sampai jumpa...

Share:

0 komentar