PIPIS BARENG



Sejak didera sakit demam berdarah kurang lebih dua minggu lalu, saya diharuskan banyak minum air putih. Paling tidak sehari 3 sampai  4 liter lah, begitu kata dokter waktu saya mondok 2 malam di RS.UGM.

Hla, sejak itu saya jadi banyak sekali minum air putih. Luar biasa memang dampaknya.  Berkat minum 3 botol besar aqua perhari, akhirnya bintik-bintik merah demam berdarah tidak sampai keluar dari kulit saya. Ya, paling tidak kulit saya masih mulus meskipun waktu itu saya harus pipis sampai 15 kali per hari.

Ternyata kebiasaan minum banyak ini masih berlanjut sampai sekarang. Termasuk kemarin, ketika saya harus kontrol kesehatan di RSU Wonosobo.

Saya sangu wedang  aqua satu setengah liter plus masih beli wedang degan. Alhasil, saya pun kebelet pipis dan harus rela ngantri di kamar mandi umum RSU, yang antrinya ngalaihim.

Kira-kira ada 6 orang yang ngantri ke kamar mandi saat itu. Saya di urutan ketiga. Dari 3 kamar mandi, ternyata dua pintu kamar mandi lain tak kunjung jua membuka. Sayapun harus menahan pipis dalam waktu yang lebih lama.

Ketika pipis saya sudah sampai diujung pakulitan titit, tiba-tiba seseorang yang ikut ngantri didepan saya ngajak ngobrol.

Beliau adalah seorang mbah-mbah usia 70-an, memakai baju polo pendek biru muda, celana kain abu-abu, dan memakai sandal jepit swallow kuning. Tak lupa,beliau juga memakai peci hitam untuk menutupi helai-helai rambutnya yang mulai memutih, alias uwanen. Beliau mengajak ngobrol saya.

“Suwe nggih dek. (Lama ya dek)”

“Nggih mbak, suwe tenan. Saweg e’ek mbah kadose. (Iya mbah, lama. Masih BAB kayaknya”.

“Asline pundi dek? Tesih kuliah? (Asli mana dek? Masih kuliah ya?).

“Asli Wadaslintang mbah. Nggih niki, tesih kuliah tapi sampun meh lulus Insyaallah. (Asli Wadaslintang mbah. Iya, masih kuliah tapi Insyaallah sudah hampir lulus)”. Amiiiin...

Tiba-tiba pintu kamar mandi terbuka. Bau senggg.... khas kamar mandi umum pun mulai tercium. Bersamaan dengan itu tiba giliran simbah depan saya untuk masuk kamar mandi.

Allahuakbar, ternyata sebelum masuk, simbah masih mengajak saya ngobrol.

“Walaaahh.. ndang mbah, wis mucuk iki...”, batin saya.

Tiba-tiba perkataan simbah itu sungguh mengejutkan saya bagai petir di tengah lapangan bal-balan.

“Monggo pipis bareng mawon dek? (Ayo dek pipis bareng aja)”, tawar simbah...

Hahaha... Sikaaak... mbatin saya, apa temenan kiye mbahe ngajak nguyuh bareng.

“Mboten nopo-nopo, wong pada-pada lanang be (Nggap apa-apa, sama-sama cowok kok)”, tambah simbah itu.

Dalam suasana yang cukup absurd itu, sayapun menjawab dengan sopan, “Hehe, monggo simbah riyen mawon. Kulo ngentosi mawon mbah. (Hehe, simbah dulu saja. Saya nunggu nggak apa-apa mbah).

Lalu simbah menjawab lagi ”Owalah.. Isin nopo? (Owalah, malu ya?)”, agak kecewa sepertinya.

Dalam pikiran saya kala itu, saya sih mikir, simbah ini begitu ikhlas menawarkan satu ruang untuk kami pipis bareng. Saya yakin, di dalam pikiran dan imaji simbahnya, tidak ada pikiran ngeres. Ia hanya ingin memudahkan saya supaya tidak lagi berlama-lama menahan pipis. Tawarannya ikhlas, mungkin beliau melihat saya bagai cucunya sendiri yang segala sesuatunya ingin ia permudah.

Tapi gimana lagi. Kendati hati saya tersentuh dengan keikhlasan tawaran simbah, namun otak saya tetap berprinsip untuk menjaga kesucian pusaka ini dari pandangan kaum lelaki, terlepas berapapun usianya.

Terlebih, saya sudah sangat lama nggak pipis bareng cowok di satu kamar mandi. Terakhir pipis bareng cowok ya pas kelas 5 SD. Waktu saya baru sunat dan ingin membuktikannya pada teman-teman supaya afdlol – yang kemudian dilanjutkan dengan lomba dawa-dawanan uyuh (Panjang-panjangan pipis).

Nah, tetapi sebagai anak muda yang menjaga hormat pada orangtua, saya pun mencoba untuk tidak mengecewakan beliau . Jika saya menjawab saya isin (malu), saya yakin simbah pasti akan kecewa berat. Akhirnya saya pun mencoba menjawab dengan cara lain.

“Mboten usah mbah, mengke mburine kulo malah meri (Nggak usah mbah, nanti yang ngantri belakang saya malah iri”.

Simbahpun dapat pipis dengan tenang.


TAMAT.

Share:

1 komentar